Tips Menghemat Batrei Android

1. Matikan Live Wallpaper. Live wallpaper memang terlihat indah tp akan sangat menguras batrei

2. Pilih wallpaper warna gelap/hitam warna hitam akan memerlukan arus energi yg lebih kecil dari pada warna-warna terang.

3. Pilih thema louncher warna gelap/hitam.
4. Pilih tingkat pencahayaan display yang paling rendah.

5. Gunakan sedikit mingkin Homescreen Semakin banyak homescreen akan membebani prosesor dan ram.

6. Pakailah widget seminim mungkin (pilih yg dianggap paling penting) semakin banyak widget akan semakin banyak aplikasi yg berjalan di background,shingga akan banyak menghabiskan ram yg ujung2nya akan ke daya batrei juga.

7. Non Aktifkan semua Animasi.

8. Gunakan layanan 2G (matikan 3G) Handphone akan selalu mencari jaringan secara terus menerus, jika kita
sedang tidak berada pada jaringan yang baik handphone akan memakaikan energinya untuk slalu mencari jaringan. seperti kita ketahui bahwasannya jaringan 3G di indonesia masih sangat payah.

9. Masih ada hubungannya dengan point 8 Taruh Handphone di tempat dimana sinyal dpt diterima dengan baik. jika kekuatan sinyal sangat rendah lebih baik posisikan pada flight mode.

10.Usahakan gunakan Aplikasi2 yang mempunyai background warna hitam.
Contoh: chat --> trillian
browsing --> UC browser (night mode)
Facebook --> Tweetdeck
sms --> hancentsms (dengan theme hitam)
explorer --> astro/ root explorer
dll..

11.Lebih selektif dalam menginstall aplikasi yang sekiranya akan berjalan di background.

12.Non Aktifkan Auto sync pada aplikasi atau jauhkan interval waktu dalam sync. mungkin yang biasanya pake interval 15 menit di setting ulang menjadi 1jam atau bahkan lebih lama lagi.

13.Matikan GPS,WIFI dan bluetooth kl tidak diperlukan.

14.Matikan profil getar dan kecilkan suara dering. Getar dan besarnya volume dering jelas memerlukan energi yang cukup besar. Tapi bagaimana kl kita membutuhkan getar pada saat-saat tertentu?? pada saat kerja dilapangan misalnya. tp pada saat sedang dirumah tentu kita tidak memerlukan getar atau suara yang keras. Solusinya otomatiskan saja dengan menginstal Auto Switch Profile,

15.Matikan Koneksi data internet jika tidak diperlukan. Dengan cara menginstall APNDroid, Atau Juice Defender (free di market) tapi saya pribadi lebih menyarankan install Green Power Premium bagi yang benar-benar ingin menghemat batrenya!(coba cari di pasar malam) aplikasinya ringan tapi lengkap. dengan aplikasi ini kita dapat mengatur berapa menit/jam skali koneksi data terbuka dan berapa lama koneksi terbuka, aplikasi ini mempunyai mode malam, sehingga pada malam yang telah kita atur waktunya aplikasi ini akan menon aktifkan semua layanan koneksi data. (Perhatian! Aplikasi ini menyebabkan kita tidak selalu tergubung internet sehingga layanan Push email!Push messegging, MMS akan berjalan tidak normal)


Sangat Tidak Disarankan!!
1. Selalu Mematikan Aplikasi yang berjalan di background dengan task killer atau Andvance task Killer atau yang sejenisnya. Alasan: System pada android adalah system yang cerdas, dia tau saat dimana dia membutuhkan ram atau tidak, jika dia membutuhkan ram maka scara otomatis dia akan menutup aplikasi yang memang udah tidak diperlukan lagi.
Menutup Aplikasi dengan paksa (task killer) hanya akan membebani CPU dan ram ketika aplikasi itu kembali dinyalakan. ini malah akan membuat batre cepat habis.Itulah yang mendasari mengapa tidak ada exit/close pada aplikasi android kebanyakan.

Masih Diperdebatkan!!
1. CPU Throttling atau menurunkan Clock Speed pada Prosesor. biasanya dengan menginstall Set CPU (root). Sampai saat ini penurunan clock speed prosesor msh diperdebatkan di forum android apakah memang efektif ato tidak, ada sebagian yang mengangap cara ini dapat menghemat batre ada sebagian malah mengatakan aplikasi semacam ini gak berguna dan malah membuat batre smakin cepat habis.

Alasan yang mendukung:
- Dengan menurunkan Clock speed otomatis energi listik yg mengalir ke proci akan semakin kecil.
- Terlebih lagi disaat kita tidak sedang membutuhkan proci besar, misalnya pada saat layar dalam keadaan mati atau pada saat tengah malam kita sedang tidur. pada saat itu tentu kita jelas2 sedang tidak memakai tlp jadi buat apa Clock speed sebesar 1 ghz?

Alasan yang menolak:
  • - Android adalah sebuah platform cerdas, dan semenjak kemunculan enclair (2.1) android mempunyai kemampuan memanagemen proci, ram, batrei dll yang lebih baik. pada saat HP tidak dipergunakan, android secara otomatis akan menurunkan energinya ke proci.
  • Aplikasi Set CPU yang selalu terus menerus memantau arus ke proci dinilai malah akan memakan banyak batrei ujung-ujungnya bukan malah menghemat tapi akan semakin menjadi boros.
  • Buat apa kita membeli android 1 ghz yang mahal atau dual core namun pada  ujung-ujungnya kita malah munurunkan kemampuannya.

Penulis : Reza Ramadhana ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Tips Menghemat Batrei Android ini dipublish oleh Reza Ramadhana pada hari Minggu, 19 Februari 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Tips Menghemat Batrei Android
 

0 komentar:

Poskan Komentar