Keindahan Taman Laut Bunaken





Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, yang terletak di utara pulauSulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara,Indonesia. Pulau Bunaken dapat di tempuh dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan kota Manado. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken. Taman laut ini memilikibiodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia. Selam scuba menarik banyak pengunjung ke pulau ini. Secara keseluruhan taman laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektare dengan lima pulau yang berada di dalamnya, yakni Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen. Meskipun meliputi area 75.265 hektare, lokasi penyelaman (diving) hanya terbatas di masing-masing pantai yang mengelilingi kelima pulau itu.

Color Fish-Bunaken
Bunaken-North SulawesiTaman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut. Sebagian besar dari 12 titik penyelaman di Pulau Bunaken berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau tersebut. Sesuai dengan penilaian dan kriteria dasar, Zonasi TN. Bunaken terdiri atas tiga zona utama, yaitu Zona inti, Zona Pemanfaatan, dan Zona lainnya. Zona inti ditujukan untuk pelestarian alam dan perlindungan habitat-habitat. Zona pemanfaatan diperuntukkan bagi tujuan pariwisata alam, terdiri dari zona pemanfaatan intensif dan zona pemanfaatan terbatas hanya pada biota, habitat dan ekosistem kawasan, melainkan juga proses ekologis yang dinamis, termasuk kegiatan manusia menyangkut pemanfaatan sumber daya alam dan ruang wilayah. Di wilayah inilah terdapat underwater great walls, yang disebut juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Dinding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken. Bunaken dikenal ke seluruh dunia dengan keindahan panorama bawah lautnya berupa terumbu karang dan beraneka jenis satwa laut yang cantik. Tidak mengherankan jika pemerintah pusat dan daerah Sulawesi Utara getol mempromosikan Bunakeni sebagai objek wisata alam. Bahkan sebagai salah satu upaya mempromosikan dan melindungi habitat kawasan tersebut, pada tanggal 11-15 Mei lalu berlangsung World Ocean Conference (WOC) yang dihadiri oleh utusan dari berbagai negara. Selanjutnya pada tanggal 12-20 Agustus 2009 mendatang pun di kawasan ini akan diselenggarakan kegiatan Sail Bunaken 2009. Dalam kegiatan ini direncanakan akan dilakukan pemecahan rekor dunia menyelam yang akan tercatat sebagai rekor dunia baru dalam Guiness Book of Record.



Penulis : Reza Ramadhana ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Keindahan Taman Laut Bunaken ini dipublish oleh Reza Ramadhana pada hari Kamis, 22 Maret 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 2 komentar: di postingan Keindahan Taman Laut Bunaken
 

2 komentar:

  1. permisis, saya boleh pinjam arikelnya untuk tugas?terimakasih..:))

    BalasHapus
  2. Bisa, malah saya lebih bangga kota tercintaku lebih diminati :))

    BalasHapus