Tutorial Partisi SD Card Supaya Memory tak Penuh




Siapkan beberapa perlengkapannya.

1. Partition Wizard Home Edition, download disini2. APP2SD ++ , download disini 


Langkah-langkah: 1. BackUP semua data n aplikasi yang ada di SDcard ke PC karna ini akan memformat seluruh isi di SDCard, untuk aplikasi yg sudah terinstall backup dengan Titanium Backup (download di market), setelah itu copy semua isi dari SDCARD ke Hardisk PC.

2. Power Off hape, cabut Sdcard dan gunakkan card reader untuk melakukan proses ini.

3. Install Partition Wizard Home Edition dan jalankan

4. klik kanan drive kita (sdcard) lalu delete sehingga menjadi unallocated.

5. Buat Sdcard menjadi 2 partisi

a. Partisi FAT32, Partisi ini gunannya untuk menyimpan file data-data kita seperti foto,mp3,dllcara membuatnya, pilih create as menjadi Primary dan File system menjadi FAT32, lalu dibagian location pilih berapa size yang akan digunakkan sebagai penyimpanannya. Misal untuk SDCard bawaan buat partisi sebesar 1.75GB dari Kapasitas Sdcard kamu.

b. Partisi Ext2, Partisi ni gunanya untuk menyimpan data dari aplikasi atau game yang akan diinstall ke hape.cara membuatnya, pilih create as menjadi Primary dan File system menjadi Ext2, lalu dibagian location pilih berapa size yang akan digunakan sebagai penyimpanannya. Dengan script ini, besarnya partisi Ext2 terbatas hanya 218MB, jadi jika dibuat size yg lebih besar akan percuma.

6. setelah selesai membuat partisi klik Apply di pojok kiri atas dan tunggu sampai sukses.

7. extrack APP2SD.rar yang sudah di download kemudian Copy ke SDcard beserta Foldernya (nama foldernya app2sd) lalu masukkan SDCARD ke hape. Dan Power On.

8. Kalau belum di root, untuk pengguna Froyo silahkan root dulu menggunakan SuperOneClick (tidak akan dijelaskan disini, kepanjangan), sedangkan untuk pengguna RotiJahe, gunakan cara RecoveryMode.

9. Buka ADB dan hubungkan hape ke PC, untuk yang tidak mempunyai kabel data, bisa menggunakan Better Terminal.

Ketik Perintah
> ADB SHELL (khusus untuk pengguna ADB)$ su# cd /sdcard/app2sd# sh app2sd.sh
kalau dalam proses ini ada error failed mkdirl. biarkan saja karena nanti APP2Sd tetap terinstall..

10. Setelah selesai hape akan reboot otomatis dan APP2SD akan terinstall, Buka RootExplorer, masuk ke folder /data dan hapus folder berikut: dalvick_cache_o, app_o dan log_o

11. Kembalikkan data-data anda ke Sdcard ( Copy semua file kita tadi yang dititipkan di Hardisk PC tadi ke SDCARD) kemudian Install lagi Titanium Backup dan anda bisa restore aplikasi dan game lagi.

12. Buka Titanium Backup (TB) atau Aplikasi App2SD, pindahkan aplikasi dari Internal ke SDCard, khusus untuk pengguna TB, bisa di filter. aplikasi seperti widget, livewallpaper dan yang dijalankan saat boot, JANGAN dipindahkan, karena pasti aplikasi tersebut tidak akan bisa berjalan normal.



Penulis : Reza Ramadhana ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Tutorial Partisi SD Card Supaya Memory tak Penuh ini dipublish oleh Reza Ramadhana pada hari Sabtu, 28 April 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Tutorial Partisi SD Card Supaya Memory tak Penuh
 

0 komentar:

Poskan Komentar